Thursday 19 November 2015

Pasang Pengaman Rahasia di Motor



 nih untuk meningkatkan keamanan kendaraan kita, yaitu dengan memasang pengaman kontak otomatis.

Ingat…. hanya meningkatkan keamanan, meminimalisir tindakan pencurian, bukan berarti dengan alat ini jadi ANTI MALING, tapi kan setidaknya kita mencoba memberikan proteksi lebih daripada keadaan standar.. ndar…

ada nih sebuah perangkat yg dapat mengunci sistim kelistrikan scara otomatis.
Mbuh mazped juga bingung mau ngasih nama apa nih alat, pokoknya alat ini dapat memutus seluruh sistem kelistrikan motor ketika kontak di nyalakan.


Untuk mengaktifkan sistem kelistrikan, kita harus menyentuh beberapa titik di tempat2 yang hanya kita yang tau.
Alat kayak gini dah lama ada sih, jaman masih  STM, pengaman model gini dah beredar luas, cuman waktu itu harga’nya luar biasaaaaaa.

Oke… langsung aja di pasang yukkk…. Nih ada Soul GT ungu buat percobaan….



Alatnya bentuknya kira2 seperti ini bossss……… Harga di pasaran sih sekitar 50 – 100 ribuan.
Ada yg menggunakan 1 sensor sentuh, ada yg 2 sensor sentuh.



Alat berupa modul berdimensi kecil yang berisi Relay dan rangkaian pendukung yang bekerja dengan 5 buah kabel.

2 buah kabel di hubungkan secara seri ama kabel kontak, 2 kabel sebagai sensor sentuh, kita harus menyentuh 2 sensor ini secara bersamaan dan tidak boleh menyentuh ground ( body frame ) untuk menyalakan motor. 1 kabel lagi menuju ground (massa) , kabel ground ini di pasang sebuah soket sebagai alat disable / enable modul, bila modul bermasalah maka tinggal melepas soket ini, maka sistem pengaman tak akan berfungsi layaknya motor normal tanpa harus melepas rangkaian.

Simpel dan sederhana kan…..???

Bongkar dulu bordes depan SouL GT, untuk type lain cara masang’nya sama bossss….

Cari soket kabel kontak, kabel kontak ada 2, 1 dari aki, dan 1 lagi menuju ke sistim kelistrikan.

Pilih kabel kontak yang menuju ke sistim kelistrikan motor, untuk Yamaha kabel warna coklat. Honda warna hitam atau putih strip hijau, Suzuki warna Orange.



Bikin sambungan dengan soket bossss…. Usahakan hindari main potong kabel, biar rapi dan safety.

Hindari juga main sambung kabel model ekor babi lalu di selotip, selotip kalo kena panas sering hilang daya rekatnya, gunakan selongsong bakar bila terpaksa harus memotong kabel biar instalasi lebih aman.



Pasang Modul dengan rapi, ikat dengan kabel ties, kalo bisa di baut di tempat yang aman.

Pasang kabel ground ke body motor, lebih bagus jika di sambung langsung ke kutub negatif aki.

Letakkan soket disable/enable di lokasi yang mudah di jangkau agar soket bisa langsung dilepas jika dalam keadaan darurat.



Pasang 2 sensor sentuh di tempat yg mudah di jangkau dan tidak mudah di ketahui orang lain, misal baut klem setang yang tak tersentuh body frame motor. Maaf di sini gak di tampilkan lokasinya… solanya rahasia….

Untuk menandakan kalau pengaman ini aktif, pasang indikator aja di spido, kebetulan lampu MIL SouL GT ini udah gak berfungsi (eror), jadi di manfaatin aja buat indikator pengaman.

Biar menarik, pasang LED yang kedip2 berwarna merah… Jangan lupa kasih Resistor biar LED gak jebol, pasang dengan soket T10.



Ni penampakan saat pengaman aktif…

Semua indikator spido mati , semua sistim kelistrikan terputus sehingga starter, sein, klakson, tak dapat di oprasikan, di spido hanya lampu merah yang menyala berkedip-kedip tanda pengaman aktif.



Jika kedua sensor di sentuh sedikit saja dengan jari, maka langsung mak byarrr…. Indikator spido menyala seperti keada’an normal.



Kelebihan alat pengaman ini..
tidak bikin aki tekor, karena alat ini langsung mengunci sistim kelistrikan motor ketika motor di nyalakan. Jadi ketika kontak tidak di aktifkan, alat ini tidak menyedot arus listrik sama sekali.
pengaktifan mudah dan simpel, tak perlu pake saklar tambahan.
modul anti air, aman walau di celup ke dalam air sekalipun, aman bila kehujanan atau motor di cuci.
pengaman langsung aktif ketika kontak di nyalakan, jadi misal kunci tertinggal dan di aktifkan ama orang lain, maka dia gak akan bisa mengaktifkan sistim tanpa mengetahui letak sensor.
murah
pemasangan mudah
hanya bisa di aktifkan ama yang bener2 tau letak posisi sensor dan tau bagaimana tata cara penyentuhan. Kedua sensor gak akan bekerja bila anggota tubuh kita ada yang menyentuh ground (massa). Tau kan kebiasaan rider motor metic yang selalu menyentuh handel rem jika akan menyalakan motor. Nah jika tangan menyentuh handel rem, meski kedua sensor di sentuh, kontak gak akan menyala.

(mikir)




Kekurangan…. aki harus dalam keadaan FIT agar alat ini bekerja dgn baik.

Semoga berhasil

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Final Fantasy 7 Cloud Strife

Vidoeku

 
Iman Dan Taqwa Di Lengkapi | Dengan Keihlasan | Sibocahbiru016