Thursday 19 November 2015

Cara Menghapus File Sampah di Windows PC / Laptop tanpa Aplikasi


 File-file sampah yang menumpuk pada komputer PC dapat menganggu kinerja komputer dan secara otomatis sampah tersebut akan memenuhi ruang hardisk sobat. file tersebut banyak berasal dari file temporary / sementara, log setelah instal aplikasi, history dan cache browser, file yang sudah dihapus, dan masih banyak yang lainnya. Cara cepat menghapus file sampah windows tersebut pada umumnya ada 2 cara yaitu manul/tanpa bantuan tool dan menggunakan software contohnya ccleaner.

Untuk tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana bersihkan windows dan hardisk sobat putrakomputer.com menggunakan cara manual atau tanpa aplikasi. Cara ini sudah tersedia dalam sistem operasi windows secara default, jadi sudah bisa dipastikan aman dan akan membantu kinerja laptop sobat menjadi lebih cepat. Hebatnya lagi trik ini sangat mudah dilakukan meskipun sobat masih awam menggunakan PC atau baru beli Laptop :).

Berikut ini beberapa cara/langkah menghapus file sampah di wondows;

Menghapus Pada Folder Recycle Bin

Sudah sangat familiar bagi para pengguna komputer untuk langkah awal membersihkan windows dari sampah yaitu menghapus semua isi folder Recycle Bin. Setiap file yang dihapus/delete pada perangkat anda akan singgah terlebih dahulu ke folder Recycle Bin, kecuali sobat menghapusnya secara permanent. Untuk mengaksesnya sobat hanya perlu mencari dan buka folder Recycle Bin seperti gambar di bawah. Setelah terbuka dan terlihat file-file sampah di sana klik kanan pada area kosong pilih "Empety Recycle Bin".





Menghapus File Sementara / Temporary

File Temporary ini berasal dari file sementara yang disimpan windows ketika seorang user melakukan aktivitas instal software, edit video, gambar, update software, instal plugin, dsb. Nah, lama-kelamaan file ini akan menumpuk jika tidak dihapus dan mengakibatkan banyaknya ruang hardisk yang dipakai dan membuat system windows menjadi melambat. Untuk menghapusnya sobat hany perlu tekan keyboard < Windows/Menu + R > lalu ketikkan%temp% . Maka akan terbuka folder temporary tersebut. Silahkan hapus semuanya.





Menghapus File Prefetch

File Prefetch ini sebenarnya file yang berasal dari fetch sebuah software yang sering kita akses di komputer. File ini sifatnya juga seperti file temporary. Jadi untuk menghapusnya langkahnya sama dengan menghapus file temporary, bedanya sobat hanya ganti pengetikkan dari %temp%dengan ketikkan Prefetch dan Enter. Setelah terbuka silahkan hapus semua file yang ada di sana.







* Jika seandainya file yang dihapus pada langkah 2 dan 3 tidak hilang secara permanen silahkan cek kembali pada langkah pertama dan bersihkan semua isinya.
Sampai di sini sobat sudah membersihkan windows dengan menghapus file-file tidak berguna yang dapat menyebabkan lambatnya komputer mengganggu kinerja sistem. Cukup sekian dulu Semoga bermanfaat buat sobat :)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Final Fantasy 7 Cloud Strife

Vidoeku

 
Iman Dan Taqwa Di Lengkapi | Dengan Keihlasan | Sibocahbiru016